Friday, 1 March 2019

Blogger Talk : Honest Review


Kalian denger juga nggak sih kalo beberapa hari terakhir lumayan marak dibicarakan mengenai "honest review" di antara para content creators. Sejujurnya, aku bukan tipe orang yang vokal, suka ngomong pendapatku seperti apa, but I think my blog is the safest place to do that hehe. Jadi, hari ini aku mau bahas mengenai topik honest review ini kalo dari pandanganku.



Oke, pertama-tama aku mau ngomongin tentang ini dulu : dari awal aku memutuskan untuk jadi content creator, sama sekali aku nggak pernah menyebutkan, "Ini aku honest review ya, enggak diendorse nih aku, aku beli sendiri." Kenapa? Soalnya, aku merasa kalimat seperti ini bisa backlash ke aku sendiri. Bisa jadi netizen berpikiran, "Oh, berarti kalo nggak ada kalimat yang tadi reviewnya nggak honest?"

Karena, entah itu produk aku dikasi (atau bahkan dibayar) maupun aku beli sendiri, aku akan tetap ngomong hal yang sama. Aku juga selalu pakai produk yang aku omongin. Malah biasanya, kalo untuk produk skincare aku sampaikan ke brandnya kalo aku harus pakai produknya sekitar 2 minggu, supaya aku bisa share full reviewnya.


Kalo brandnya nggak mau gimana? Ya udah berarti kita belum bisa bekerja sama hehe. Maybe next time, both our requirements bisa ketemu di tengah. Nah, dari sini aku menyimpulkan kalo honest review itu nggak seharusnya jadi poin plus dalam pekerjaan. Karena pada hakikatnya, semua pekerjaan, nggak cuma sebagai content creator aja, itu harus jujur.

Kamu jualan makanan harus jujur, jualan kosmetik harus jujur, jualan es krim juga harus jujur. Menurutku, kejujuran itu etika dalam bekerja yang harus dipatuhi dan bukan salah satu poin yang harus dibanggakan.


Tapi perlu diingat ya, semua yang berhubungan dengan review itu sifatnya personal dan subyektif. Aku bilang Bakpao A enak, belum tentu buat adik aku enak. Makanan aja sifatnya subyektif, apalagi produk makeup dan skincare yang tergantung banget sama tipe dan kondisi kulit. Terus taunya kalo orang itu bikin honest review gimana?

Trust your guts! Seiring berjalannya waktu, kamu (sebagai netizen) akan ngerti kok, mana content creator yang mengerjakan segala sesuatu dengan hati, which is seharusnya jujur soalnya menjaga integritas, atau content creator yang sebaliknya. Akupun juga selalu ngeliat review orang-orang lain kok sebelum beli produk, dari cara dia ngomong dan jelasin produknya aku juga tahu kira-kira ini orang jujur ato enggak hehe.


Udah itu aja yang mau diomongin hehe. Semoga kalian, entah sebagai sesama content creator atau penikmat konten paham dan jelas mengenai topik honest review ini hehe. Enaknya kita bahas apa lagi yah yang berhubungan dengan Blogger Talk, boleh banget kalo ada yang mau kasi masukkan ;)



What I Wear :
Dress from Zara | Shoulder Bag from Guess | Watch from Wish Watch
Heels from Aldo | Necklace from Velour Jewels

Venue :
Bromelia, Surabaya


So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

No comments:

Post a comment