Friday, 17 January 2020

Blogger Talk : How To Survive


Kalo kemarin kita ngobrol tentang How to Enter the industry, sekarang kita akan bahas How to Survive in the industry. Menarik? Baca sampai habis ya! Sebenernya caranya nggak jauh berbeda dengan bagaimana kita bertahan atau survive di industri lain, selain content-creating ini. Entah kenapa aku selalu excited banget untuk bahas dunia content-creating ini.




I think, poin paling penting untuk bertahan di industri ini adalah attitude atau sikap. Sikap profesional yang harus dimiliki oleh content-creator itu sendiri. Baik itu ke professional brands, online shops, digital agency, atau another content-creator. You'll need each other, so you better don't make enemies. Buat yang sudah nyemplung ke dunia ini, bisa jadi bertemu dengan pribadi-pribadi yang agak annoying dan nggak profesional. Tapi please, jangan sampai salah merespon, cause your response define your personality.

Poin berikutnya adalah mempertahankan kualitas konten yang dibuat. Memang mempertahankan jauh, jauh lebih sulit daripada meraih. Seringkali, seiring berjalannya waktu, mayoritas kualitas konten yang dibuat oleh seorang content-creator kian menurun. Aku bilang ini mayoritas karena memang nggak semua. Tapi karena ini mayoritas, jadi kita harus berusaha ekstra keras supaya kita nggak tergolong di dalamnya.


Kok bisa kualitas konten kian menurun? Penyebabnya ada bermacam-macam. Bisa jadi karena sudah mulai overload projeknya, kejar-kejaran sama deadline, brief yang membatasi kreatifitas, kehabisan ide, ketakutan untuk nggak bisa memberikan hasil yang lebih baik dari konten sebelumnya, or simply sudah mulai bosan bikin konten. Kok bisa bosen? Kan katanya passionate di bidang ini?

Jangan salah lho, awalnya kita memang cinta banget banget sama bikin konten, sampai someday ternyata ini jadi pekerjaan, yang tentu ada bagian nggak enaknya, seperti harus bisa fleksibel sama brief, adu lari sama deadline, atau mungkin nggak enakan sama ahensi. Akhirnya jadi muak sama aktivitasnya, sudah hilang enjoyment-nya.


Oke lanjut ke poin berikutnya, jujur. Well, menurutku kejujuran adalah karakter yang harus dimiliki oleh semua pekerja profesional, especially in this industry as a content-creator. Why so? Pekerjaan seorang content-creator ini jelas berbeda dengan suatu badan usaha yang menyediakan jasa untuk memproduksi konten.

Seorang content-creator tanggung jawabnya nggak cuma bikin konten, tapi juga me-review produk tersebut. Di sisi lain, konsumen jaman sekarang akan melihat review dari suatu barang sebelum membeli barang tersebut. Jadi, alangkah sedihnya kalau review yang dibuat oleh seorang content-creator tidak berdasarkan kejujuran. Bakal merugikan pembacanya yang sudah terlanjur percaya.


Poin terakhir adalah kreativitas dan semangat belajar tanpa henti. Ketika kamu memutuskan untuk masuk dalam industri kreatif, tentu harus jadi pribadi yang senantiasa kreatif dan inovatif. Percaya deh, ketika kamu stop being creative and innovative, you'll be left behind. Cara praktis jadi kreatif : Amati, Tiru, Modifikasi. Jadi, caranya biar nggak kehabisan ide, harus sering banyak lihat inspirasi baru. Untuk poin ini akan aku bahas lebih dalam jadi satu blogpost sendiri. Make sure kalian terus stay tune! ;)

Being creative is hard, I know. Akan lebih mudah untuk punya pekerjaan yang job-description-nya jelas dan pasti. Tanpa mengecilkan profesi lainnya, aku merasa industri kreatif somehow lebih sulit dan menantang, tapi nggak membosankan. Karena project (masalah) yang diterima berbeda-beda jenisnya.

Ini aku kasi sedikit gambaran. I was an Interior Architecture student. Dulu, pas sekolah, dikasi brief-nya : Klien mau punya kamar yang bisa mengakomodasi kebutuhan suami-istri. Suami suka nonton televisi di kamar, sedangkan sang istri nggak suka bising. Sebagai desainer interior, what should I do? Nah, aku harus cari solusi kreatif yang win-win untuk kedua belah pihak, tapi secara visual, interiornya nggak boleh jelek.


So yeah, sampai sini dulu bahasannya. Next time, next blogpost aku akan bahas Blogger Talk : Never Stop Learning. Aku mau bagikan tips dan rahasia pribadi haha. Apa aja sih biasanya yang aku improve in order to survive in this industry. Semoga kalian juga excited!


What I Wear :
Blazer Set from Array | Shoes from Bellagio
Sling Bag from Tory Burch

Venue :
Barn Event Hire, Surabaya


So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

No comments:

Post a Comment