Friday, 10 January 2020

Blogger Talk : How To Enter


Hello, welcome back to the blogger talk! Kali ini aku mau share 'How to Enter the Industry' atau 'Gimana sih cara masuk ke industri content-creating ini?'. Kemarin aku sempat bahas ini juga pas tapping podcast Insight Out, nanti aku kabarin yah kalo Podcast-nya sudah on-air hehe. Ini bukan cara ultimate sih, tapi ini lebih ke sharing dari pengalaman aku sendiri.




Oke, langsung aja. Aku merasa salah satu poin penting yang membawa aku ke tempat dimana aku berdiri saat ini adalah koneksi. Well, tentu aja, semuanya karena Tuhan yang menuntun aku masuk dalam komunitas yang tepat dan bertemu dengan orang-orang yang tepat juga. Aku jadi bisa belajar banyak hal tentang industri ini, dan nggak hanya itu, aku juga direkomendasikan oleh circle satu-ku ke professional brands.

And that is how I enter the industry. But, way before that, sebelum aku bertemu dengan koneksi yang tepat, aku terlebih dahulu mempersiapkan diriku sendiri. Aku memperbanyak portofolio, aku bikin konten, entah itu untuk diupload di Instagram, Blog, maupun Youtube. Jadi, ketika someday aku direkomendasikan/diperkenalkan ke brands, aku punya bahan untuk jadi pertimbangan mereka.

Tips dari aku personally: jangan karena tidak dibayar atau tidak disponsori, maka nilai karyamu jadi berkurang. Do it for God. Lakukan semuanya untuk Tuhan. Lakukan yang terbaik yang kamu bisa, dengan materi dan peralatan yang kamu punya. Mulai aja dulu. It doesn't have to be perfect, you just have to start. Kualitas sebuah karya bisa ditingkatkan, jangan tunggu sempurna baru jalan. You'll waste your time.

And I think imperfection is the new perfection. There's beauty in imperfection. It's what makes us human. Oke? Semangat ya!


Nah, langkah alternatif lainnya adalah via manajemen. Jaman aku pertama kali terjun ke industri ini, sekitar tahun 2015, belum ada 'manajemen endorse' yang sekarang beranak-pinak di Instagram. I actually, personally, don't approve this. Why? Karena, biasanya, 85% produk yang ditawarkan oleh manajemen endorse kurang legit #nooffense.

Aku sendiri agak kurang sreg, kalo mempromosikan suatu produk yang kurang jelas. Karena, setiap produk yang aku bikin kontennya pasti sudah aku pakai terlebih dahulu. Kalo aku sendiri 'nggak berani' pakai karena produknya kurang jelas, bagaimana bisa aku buat konten dan mempromosikan produk tersebut ya kan?

Tetapi, langkah alternatif ini menurutku merupakan tiket kilat untuk masuk ke industri ini. Tips untuk temen-temen yang memilih jalur cepat ini, seleksi produk yang kamu mau review, do your best, boleh foto di rumah, but please with effort hehe. Sementara itu dulu sih yang bisa aku share ke temen-temen, next time aku share tentang 'How to Survive'. Menarik?


What I Wear :
Chic White Dress from Pretty Society | Waist Bag from Aldo Shoes
Sandals from Melissa Shoes | Necklace from UBS Lifestyle

Venue :
Kamikamu, Surabaya

All photos taken by Ce Amanda Kohar. Thank you ce! <3


So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

No comments:

Post a Comment