Sunday, 4 November 2018

Blogger Talk : The Struggle


Hai semuanya! Sesuai janjiku yang kemarin, aku mau bahas tentang struggle jadi seorang content creator di masa kini. Kemarin aku sempat mention juga salah satu atau dua hal yang paling mencolok, yaitu peer pressure dan tekanan mental, yang tentunya bikin stress. Nggak cuma share tentang strugglenya, tapi aku juga mau share apa sih yang aku lakukan untuk keluar dari kotak stres ini, who knows bisa bantu kalian juga yang turut merasakan.


Oke, jadi sebenernya peer pressure ini umum banget dan sebenernya mostly dirasakan sama kebanyakan orang, nggak cuma seorang content creator. Bedanya, di industri ini lebih terasa jelas dan kelihatan gitu. Apa aja sih tekanannya? Hmm contohnya nih, sudah bikin konten kok tapi nggak ada yang nonton ya (angka penonton lebih sedikit daripada yang diharapkan). Ini kalo dibiar-biarin lama-lama bikin super stress sih beneran.

Angka ini sifatnya sensitif sekali. Nggak jarang juga kalo angka juga menjadi patokan atau ukuran kesuksesan seorang content creator. Ada juga yang punya pikiran begini, aku sudah lama di dunia ini, tapi kok si itu sudah lebih berkembang ya, project lebih banyak, bekerja-sama dengan brand juga lebih banyak. Ini juga kalo dibiar-biarin bisa membuat hubungan antar teman jadi nggak baik juga.


Waktu itu aku sempat baca buku yang bagus, dimana ia menuliskan kalo perempuan itu biasanya cenderung kompetitif dengan sesama perempuan. Rasanya sulit sekali melihat teman perempuannya yang 'lebih sukses' dari dirinya. Berasa her success itu our failure, padahal ini salah besar. Nah, sifat-sifat seperti ini yang harus diusahakan untuk diubah menjadi positif.

Banyak sekali temen aku yang akhirnya memutuskan untuk quit dari industri ini karena dua tekanan di atas. Industri ini memang sangat sensitif sekali! Jadi, dari kita sendiri yang (harus diusahakan) nggak boleh baper. Kita sendiri yang harus set positive mind. Kalo aku sih biasanya tiap ada berita atau respon negatif apapun aku berusaha nggak mau denger. Aku langsung cari artikel yang positif, yang bikin aku semangat ngerjain kerjaanku.


Ini yang selalu aku tanamkan ke pikiranku : kita kudu percaya sama diri kita sendiri kalo kita itu unik, dan pada saatnya kita juga akan meraih kesuksesan kita sendiri. Ini cuma masalah waktu kok, zona waktu tiap orang itu berbeda-beda. Bagian kita hanya mengerjakan semuanya yang sudah dipercayakan ke kita dengan baik. Kalo sudah begini pikirannya, lambat laun bakal merasa lebih tenang, okay, dan malah supportive kalo temen yang lain itu juga sama-sama sukses ;) Semua butuh proses guys, it's okay, memang nggak instan.


Buat temen-temen yang punya pengalaman yang sama ataupun berbeda, boleh banget share aku pengalamannya kalian. Aku juga kepingin denger share dari temen-temen yang lain. Hopefully sharing dari aku ini juga bermanfaat buat temen-temen yang baca ;)



What I Wear :
Top from Callie Cotton | Midi Skirt from Label8 Store
Shoes from Melissa Shoes

Venue :
Museum Ullen Sentalu, Jogjakarta


So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

No comments:

Post a Comment