Friday, 15 June 2018

Blogger Tools : Passion


Hi guys! Kita lanjutin yuk bahasan kemarin. Seperti yang kujanjikan, aku akan bahas tentang apa aja sih yang harus disiapkan untuk jadi seorang blogger ala devita. Sekali lagi, aku mau floor-kan disclaimer yah, disini aku cuma blogger biasa yang kepingin sharing, jadi aku sama sekali nggak claim sebagai blogger yang sudah ternama atau sudah punya banyak pengalaman.

Karena aku sendiri juga masih harus belajar lebih banyak lagi. Aku juga baru berkecimpung di dunia ini, sekitar dua sampai tiga tahun aja. Next time, maybe a few years from now, mungkin aku akan share lagi hal-hal lain yang aku pelajarin hehehe. Stay with me yaa! ;)



Yup, seperti judulnya, hal yang paling penting dan mendasar saat menjadi seorang blogger adalah passion. Aduh, terdengar cliche dan basic banget ya rasanya, tapi percaya nggak percaya, memang passion lah yang harus jadi dasar kamu berdiri di dunia ini. Kalau, originally kamu nggak ada passion sebagai seorang blogger (dalam bidang apapun ya, nggak harus beauty), most likely kamu nggak akan bisa survive dalam jangka waktu yang lama.

Dulu, aku pernah bahas di Dep-Talk (salah satu segmen di Youtube channelku) apa sih bedanya hobi dan passion. Aku bakal kasi bocoran sedikit di sini, cuma untuk bahasan lengkapnya bisa langsung nonton videonya yaa hehe. Hobi adalah aktivitas kesenangan kita yang biasanya bermanfaat untuk kita sendiri, sedangkan passion adalah aktivitas yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga orang lain yang ada di sekitar kita.

Mungkin ada di antara temen-temen yang goalnya adalah cari uang dan ketenaran di dunia ini. Aku nggak bilang itu salah sih, cuma kalo itu satu-satunya tujuan kalian masuk ke dunia ini, kalian bakal kecewa, karena tujuannya nggak mudah diraih dalam waktu singkat. Makanya aku bilang, kalo nggak ada kesukaan lebih sama dunianya, kalian bakal dengan mudah capek. Well, itu menurutku sih.


Nggak bisa dipungkiri, setiap kita pasti ingin sukses di dalam apapun yang kita kerjakan. Semisal kamu mau jadi dokter, maunya jadi dokter yang sukses. Atau kamu mau jadi desainer interior, maunya jadi desainer interior yang sukses. Sukses sendiri punya makna yang personal, bisa jadi kalo jadi desainer interior sukses menurutmu adalah desainer interior yang jumlah projeknya ratusan atau bisa juga berarti lain.

Nah, untuk menjadi sukses, kita perlu yang namanya proses. Nggak ada yang namanya instan, bikin mie cup instan aja mesti nunggu 3 menit kan yah hehe. Poinku adalah passion yang bisa jaga kamu untuk sabar dalam proses. Proses setiap orang itu berbeda-beda durasinya. Aku kasih contoh dalam dunia blogging ya, ada yang baru aja bikin blog atau jadi youtuber, eh dalam 2 tahun sudah punya 100,000 subscribers, di sisi lain dalam durasi yang sama ada youtuber yang 10,000 subscribers aja belum sampai.

Kalo passion kamu nggak cukup kuat untuk bikin kamu sabar dalam prosesnya, yaa kamu bakal lebih cepat menyerah di tengah perjalanan. Kamu bakal iri sama teman-teman yang durasi prosesnya lebih cepat dari kamu, kamu bakal putus asa merasa kamu kok stuck, disini-sini aja.


As for me, sukses dalam hidup menurutku adalah menghidupi panggilan Tuhan dalam hidupku. Aku percaya, setiap orang di dunia ini diciptakan untuk suatu tujuan, dimana hanya sang pencipta (Tuhan) sendiri yang paling tahu. Aku belajar bahwa menghidupi rencana Tuhan dalam diriku jauh lebih penting dari ketenaran dan banyak harta.

Aku percaya aku berdiri di dunia blogging ini nggak lepas dari tuntunan Tuhan. Kemarin aku sempat ceritakan, gimana awalnya kok aku tiba-tiba berkecimpung dalam dunia blogging ini. Aku percaya Tuhan mempertemukan aku dengan orang-orang yang secara nggak langsung membantu aku untuk ada di titik sekarang ini.

Aku sempat capek, aku sendiri juga kadang merasa kok aku stuck, aku kok nggak berkembang, tapi setiap aku mau keluar dari dunia blogger ini, tiba-tiba Tuhan tarik aku kembali. Maksudnya? Ya tiba-tiba ada brand yang mau kerjasama sama aku, dan hal-hal lainnya. Aku kembali ingat sama passionku, betapa aku seneng nulis gini, betapa aku seneng bikin video di Youtube, betapa aku seneng edit video, walau berjam-jam, betapa aku seneng melakukan semua aktivitas blogging ini walaupun nggak ada bayaran.

Oiya di Dep-Talk aku juga bahas sih. Salah satu tanda kalo ini adalah passion kamu yaitu kamu rela melakukan semuanya, walau tidak dibayar. Jadi hasil pekerjaan kamu nggak diukur dengan upah yang kamu terima. Do you get it?


Oke lanjut, jadi karena aku merasa Tuhan masih mau aku bekerja dalam dunia blogger ini, aku stay. Aku lakukan apapun yang aku bisa, aku mau melakukan yang terbaik, aku mau push myself to the limits, dengan tujuan aku dapat memberkati teman-teman di sekitarku melalui konten yang aku hasilkan, entah itu video atau blogpost seperti ini. Jadi berkat (atau ada orang yang bilang menginspirasi) itu nggak harus jadi besar dulu. Once again, kamu nggak harus jadi orang besar untuk memberkati dan/atau menginspirasi orang lain.

Sampai sini dulu yaa bahasannya, next blogpost aku akan bahas lebih technical tentang blogger tools. Mungkin kita akan bahas tentang perlengkapan yang aku punya demi menunjang konten dalam blog/Youtube yah.


What I Wear :
Top from Tres Jolie by Minimal | Outer Vest from Berrybenka | Skirt from Shoparoom
Boots from Zara | Premium Batik Watch from WISH
Long Necklace from Selfish | Pouch from Egie Room (My Christmas gift from Rachel)

Venue :
Novotel, Surabaya


So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

No comments:

Post a Comment