Sunday 18 December 2016

Period


Hai semuanya! Hari ini aku mau share sesuatu yang sifatnya hmm lebih private dari blogpost-blogpost sebelumnya. Tapi berhubungan erat sekali sama kita para cewek-cewek. Yup! Ini tentang tamu yang selalu datang setiap bulan, tanpa absen (kalo buat aku sih). Kali ini aku mau curhat tipis-tipis mengenai apa yang aku rasakan dan alami setiap bulannya. Juga mau bagi-bagi tips gimana sih caraku untuk mengatasi permasalahanku. Yuk, baca terus!



Sebenernya kalo bisa dibilang, banyak banget ya masalah pas masa menstruasi itu. Dari yang dilep (sakit perut), perasaan nggak nyaman, mood nggak stabil, sampai dengan bau yang kadang mengganggu banget. Kadang, yang lebih parah malah bikin orang-orang di sekitar kita jadi nggak nyaman. Semacam harus jaga mood dan perasaan kita. Jadi nggak enak, kan?

Aku sebenernya nggak termasuk cewek yang punya masalah sama dilep atau sakit perut. Biasanya sakit perutnya itu masih bisa dihandle. Aku biarin aja, lama-lama hilang sendiri. Sejak pertama kali mens pun, dilep ini bukan masalah utama buat aku. Tapi, akhir-akhir ini, entah kenapa, mendadak tiap aku mens kok selalu sakit perut, yang berakibat aku nggak bisa produktif, cuma bisa tidur-tiduran aja. Nah, kalo kamu juga punya masalah yang sama, tipsnya adalah kamu bisa isi air hangat ke botol kaca. Hangat lho, ya, jangan terlalu panas. Kemudian, kamu tempelin dan gulingkan botolnya ke atas perut, ke kanan dan ke kiri. Buat aku cukup membantu sih. Hope it helps!

Terus, masalah berikutnya adalah perasaan nggak nyaman dan mood nggak stabil. Kalo ini sih, masalah hormon ya. Jangan bingung kalo mendadak kita jadi super sensitif. Serasa lagi ada di kondisi senggol bacok. Hahaha. Ya memang hormonnya lagi nggak stabil, gimana lagi. Tapi, kita sebagai cewek, bisa banget untuk meminimalisir hal tersebut. Biasanya, kalo aku lagi moody gitu, aku cari aktivitas yang bikin aku hepi. Misal nih, nonton drama Korea, baca buku, nonton Youtube, dan lainnya. Pokoknya aktivitas yang bener-bener mood-boosting. Aku juga sangat menghindari perdebatan atau komunikasi apapun yang mengarah ke situ. Aku lebih banyak diam aja. Hahaha. Biarin deh ya, jadi lebih diem beberapa hari.

Kemudian, masalah bau. Nah ini, kamu tau kan kalo tiap mens itu pasti ada bau khas yang selalu ada, bahkan kadang cukup mengganggu. Biasanya kita dapat mencium baunya, pas kita lagi mandi, lagi buang air kecil, atau pas lagi ganti pembalut. Lebih parahnya, bau ini juga bisa kecium orang lain. Hal ini bisa terjadi karena kamu males ganti pembalut, pakai celana terlalu ketat, atau celana jeans yang kamu pakai terlalu tebal. Bahaya banget kan? Makanya aku selalu wanti-wanti ke diriku sendiri supaya aku rajin-rajin ganti pembalut. Jangan sampai bau ‘khas’ ini kecium sama orang-orang di sekitarku.

Tips berikutnya adalah aku juga memakai pembalut yang dapat menghilangkan bau tersebut. Menurutku ya, pilih pembalut itu nggak boleh sembarangan. Soalnya, pembalut itu bisa jadi penolong atau malah sebaliknya. Pembalut yang aku pakai sekarang ini adalah dari Charm Fragrance. Charm Fragfrance ini ada harum mawar yang bisa meng-cover bau nggak nyaman dari menstruasi. Aku jadi nggak kuatir kalo baunya sampai kecium orang lain. Huoror sih kalo sampe kecium orang lain.

Ini untuk info tambahan aja : Charm Fragrance itu variannya ada empat, bisa disesuaikan sama kebutuhan kamu. Ada Charm Fragrance Extra Maxi Wing, Charm Fragrance Extra Maxi Non Wing, Charm Fragrance Super Slim Wing, dan Charm Fragrance Super Slim Non Wing.


Kalo aku sendiri, pake tiga varian, sesuai dengan masa hari menstruasi. Hahaha. Rempong banget ya cyin. Biasa deh ya, cewek itu memang harus rempong-rempong sedikit. Jadi, Charm Fragrance Extra Maxi Wing untuk hari pertama dan hari kedua, terutama pada malam hari. Charm Fragrance Super Slim Wing untuk hari kedua sampai dengan hari keempat. Sedangkan, Charm Fragrance Super Slim Non Wing untuk hari keempat sampai dengan berakhirnya masa menstruasi. Nanti aku jelasin di bawah ya, kenapa kok mesti pake tiga jenis yang berbeda.


Charm Fragrance Super Slim ini lebih tipis lebih enak pas dipakai, jadi nggak mengganggu aku pas beraktivitas seharian. Kalo Charm Fragrance Extra Maxi Wing untuk hari-hari pertamaku, terutama pada malam hari. Soalnya, kalo pas lagi banyak-banyaknya gitu aku lebih ngerasa aman kalo pembalutnya besar dan nggak goyang (ada wing-nya).

Yup, kira-kira begitulah keluhanku setiap bulan, untungnya masih bisa kuatasi dengan beberapa tips yang tadi aku bagikan. Kalo cerita menstruasi kamu gimana, ladies?

Charm Fragrance

So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y
 

3 comments:

  1. Boleh banget nih di coba <3

    Love,
    Dee | The Jackie of All Trades

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya! hahaha aku memang pake regularly sih hehehe

      Delete
  2. Aku juga pakai ini lho, aku pakai yang extra maxi wing. Wanginya itu lho, enak banget, suka sih pas baru buka kemasan pembalutnya, hihi..

    IG : yunitanaka

    ReplyDelete